20 Langkah yang dilakukan agar Organisasi menjadi Efektif dan Efisien

157




Sumber gambar : google.com

oleh :
Roch Aksiadi

ManajemenPendidikan.Net – Rabu, 09 Oktober 2019. Dalam sebuah institusi pasti terdiri dari berbagai macam sumberdaya. Sumber daya itu terdiri dari berbagai macam hal yang mendukung organisasi seperti manusia, fasilitas, program kerja, kurikulum, custumer, pendukung, suplyer, dll. Begitu juga dengan dunia pendidikan, faktor guru atau sumber daya manusia juga sangat penting dalam menjalankan roda organisasi, begitu juga dengan gedung, siswa, program, kurikulum, dll

Cara membentuk sebuah organisasi yang terdiri dari berbagai macam latar belakang tentunya tidak semudah membalikkan tangan. Bagaimanakah cara membentuk sebuah organisasi agar berjala secara efektif dan efisien?

Berikut ada 20 macam cara untuk membentuk agar organisasi dapat berlalan Efektif dan Efisien yaitu:

Bagian 1 : Memahami Organisasi

  1. Menempatkan Kontek Organisasi. Kata kuncinya adalah Apa dan Mengapa ada organisasi ini? Hal inilah yang harus diketahui oleh seluruh komponen organisasi. Apa tujuan dari sekolah ini? Mengapa sekolah ini berdiri? Visi da Misi sudah seharusnya menjadi roh dalam setiap komponen sekolah yang ada didalmnya
  2. Mengetahui Dorongan Kuat  dalam organisasi. Dorongan kuat yang ada dalam organisasi merupakan program yang sudah selayaknya dilakukan dengan gairah yang dalam agar memperoleh hasil yang maksimal
  3. Ingatkan semua komponen untuk ingat pada Kompas Organisasi. Kompas Organisasi adalah visi oragnisasi itu sendiri,jika semua komponen telah mengetahui hal ini dengan baik maka organisasi akan semakin baik dan solid, karena Tujuan Terkahir mereka sudah diketahui oleh setiap komponen organisasi.
  4. Selalu mencari cara kreatif untuk memajukan organisasi.Kreatifitas adalah hal tertinggi dalam proses pembelajaran, sudah selayaknya produk yang dihasilkan dalam organisasi haruslah memiliki nilai yang tinggi atas dasar demi kebaikan semua orang.
  5. Ingatkan semua komponen pada hal penting organsisasi. Hal penting dalam organisasi merupakan salah satu penentu kesuksesan dalam organisasi untuk maju dan berkembang. Karena jika hal yag dikerjakan begitu penting, maka semuanya akan waspada dan berhati-mati serta sadar penuh dalam mengerjakannya, sudah pasti hasil karya akan baik dan client merasa senang.

Bagian 2 : Mendesain Organisasi secara Optimal

  1. Uraikan ringkasan program organisasi. Ringkasan program organisasi harus diketahui oleh setiap komponen organisasi, hal ini berkaitan agar tumbuh kejelasan program yang akan dikerjakan.
  2. Menyatukan program setiap komponen organisasi. Program yang dibuat harus disatukan agar timbul gambaran besar untuk menjadi organisasi yang besar dan solid.
  3. Mencatat Perubahan yang dibutuhkan. Setiap ada perubahan haruslah dicatat dan didokumentasikan dengan baik, serta di evaluasi dengan memberikan tindaklanjut yang benar.
  4. Belajar dari organisasi lain yang sejenis. Tidak menutup kemungkinan semua komponen organisasi juga harus belajar dengan komponen yang sejenis dalam organisasi yang lain. Hal ini tentunya dapat menimbulkan hal  baru untuk kemajuan organisasi.
  5. Identifikasi kriteria penilaian setiap komponen organisasi. Penilaian merupakan alat untuk mengukur kinerja setiap komponen. Persoalan dari A sampai Z harus diketahui oleh pimpinan organisasi, agar semua asalah menjadi terang dan mudah untuk mencari solusinya.
  6. Memetakan opsi desain yang lain dalam organisasi. Pemetaan opsi desain yang lain kadang diperlukan untuk meingkatkan mutu dan pengembangan.
  7. Menilai alternatif program dari orgaisasi. Alteratif program yang diterapkan juga harus di berikan penilaian agar tahu seberapa pengaruh hal tersebut di aplikasikan.
  8. Selalu mengarah pada masa depan organisasi. Masa depan organisasi menjadi tujuan utama karena, semua komponen akan menyadari akan keberlangsungan organisasi jika rasa cinta pada organisasi telah timbul. Lakukan terus motovasi untuk semua komponen organisasi agar kecintaan pada organisasi semakin meningkat.
  9. Pengembangan Cetak Biru Design Organisasi. Blue Print organisasi harus terus dikembangkan agar hasil yang diharapkan bisa melebihi yang diinginkan dan mensejahterahkan komponen organisasi.
  10. Mempertimbangkan program kerja organisasi secara optimal. Program kerja yang dilaksanakan harus dievaluasi dan diberi masukkan untuk dipertimbangkan demi kemajuan organisasi

Bagian 3: Cara Menghadapi Tantangan yang Berulang

  1. Bagaimana menjaga integritas Organisasi dari waktu ke waktu. Integritas yang tinggi dari komponen organisasi dapat terlihat jika semua komponen terlihat jujur dan mencintai sepenuhnya pada organisasi. Hal ini dapat terjadi jika pihak pendiri organisasi benar-benar memperhatikan baik untuk diri setiap SDM yang ada maupun hingga pada keluarganya terjamin.
  2. Bagaimana Peran dan tanggung jawab otoritas setiap Komponen Organisasi berjalan dengan baik. Setiap pimpinan sudah seharusnya menjalankan tugasnya dengan baik dan tegas sesuai SOP yang disiapkan.
  3. Bagaimana ukuran Organisasi itu. Ukuran organisasi yang ada dapat dinilaisendiri oleh setiap SDM yang ada. Mereka akan mendukung dengan baik jika mereka bangga atas organisasinya sendiri.
  4. Bagaimana memilih opsi ketika lingkungan sangat tidak pasti. Opsi program organisasi tentunya sangat dinamis, apalagi menghadapi lingkungan yang tidak pasti. Hal ini harus dipertimbangkan dengan matang atas pertimbangan semua pimpinan organisasi.
  5. Bagaimana menilai tingkat kematangan kemampuan suatu organisasi dari waktu ke waktu. Kematangan organisasi dapat dilihat dari lamanya organisasi ini berada, kwalitas karya yang ada, kepuasan pelanggan tinggi, permintaan masyarakat juga meningkat.

Diatas adalah 20 hal yang dapat diterapkan jika organisasi itu akan berjalan efektif dan effisien, semoga bermanfaat.

 

Sumber : Patricia Cichocki, Christine Irwin. 2011. Organization Design A Guide to Building Effective Organizations. Hong Kong : Typeset by Graphicraft Ltd

Facebook Comments







Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat dengan Kami