Workshop SAGUSAVI IGI di Ehipassiko School BSD City Berjalan Sukses…!!!

Senin, Maret 12th 2018. | Standar Proses

Sabtu, 10 Maret 2018

Workshop SAGUSAVI IGI berjalan lancar di Ehipassiko School BSD City Kota Tangerang Selatan Banten. Pada kesempatan ini dihadiri oleh 27 peserta yang terdiri dari berbagai tempat di sekitar JABODETABEK.  Peserta yang tidak hadir sebelumnya sudah mengkonfirmasi, tidak datang karena ada halangan yang tidak bisa ditinggalkan. Pada kesempatan ini acara dibuka oleh Ibu Nenden Hazrianthi,M.Pd selaku Pengurus Ikatan Guru Indonesia Kota Tangerang Selatan. Beliau menjelaskan pentingnya mengikuti workshop SAGUSAVI ini, begitu juga beliau mengharapkan agar semua peserta workshop yang belum bergabung dengan IGI nantinya dapat bergabung dengan IGI. Setelah itu sambutan dari Direktur Ehipassiko School BSD yang hadir yaitu Ir. Indi Y. Wirawan, beliau mengharapkan workshop ini benar-benar dapat diaplikasikan di sekolah masing-masing hingga terciptalah sebuah video pembelajaran yang bersumber dari sekolah itu sendiri. Kemudian beliau juga mengharapkan untuk saling menjalin komunikasi anatar sekolah yang hadir agar semua dapat saling berninergi mengembangkan pendidikan yang maju. Setelah sambutan dan pembukaan selesai, kemudian bapak Roch Aksiadi, S.T. mulai memberikan materi bagaimana cara membuat video pembelajaran disekolah. Belia menyampaikan ada beberapa tahap yang perlu dilalui dan perlu terus dilatih diantaranya adalah:

1. Membuat Ide Cerita

2. Membuat Sinopsis

3. Membuat Skenario

4. Membuat Storyboard

5. Teknik Pengambilan Gambar/Video

6. Teknik Pengeditan Gambar/Video

7. Finishing

 

Tahapan demi tahapan dijelaskan dengan baik, dan para peserta memahaminya dengan baik. Pada saat tahap Teknik Pengambilan Gambar Bapak Roch Aksiadi memanggil Bapak Ony selaku gur Multimedia Ehipassiko School BSD City dan juga beliau adalah pelaku bisnis Pembuatan Video. Bapak Ony menjelaskan bukan masalah kameranya yang mahal (seperti yang didemokan kameranya seharga 70 juta) namun justru yang terpenting adalah tahapan 1-4, karena tahapan tersebut belum bisa digantikan oleh robot, dan itu yang mengerjakan harus manusia. Beliau juga menjelaskan pentingnya pengambilan gambar dari depan, samping, jauh dan dekat.

Setelah selesai dijelaskan waktunya istirahat, dan membuat project langsung shooting di sekitar sekolah. Setelah melakukan shooting dengan tema yang berbeda-beda, kemudian mereka mentransfer gambar atau video ke dalam komputer yang sudah terinstal editing video. Pelan-pelan mereka memasukkan gambar, namun karena waktunya yang tidak cukup, maka tugas tersebut akhirnya harus diselesaikan disekolah masing-masing dengan ditambah ada tugas membuat video pembelajaran disekolah masing-masing yang melibatkan siswa-siswi sesuai dengan yang dijarkan oleh Bapak Roch Aksiadi. Acara selesai dengan penuh makna dan mereka merasa sangat senang dan bapak Roch Aksiadi akan melakukan mentoring melalui Group Whatsapp SAGUSAVI, hingga mereka menyelesaikan pembuatan Video Pembelajaran dengan baik.

Semoga Semuanya Sukses.

 

Berikut Dokumentasinya:

 

 

BERIKUT TUTORIAL EDITING VIDEO DENGAN COREL STUDIO VIDEO

Memasukkan Video ke dalam Software Corel Studio Video X3

Memotong Video dalam Software Corel Studio Video X3

Memasukkan Audio ke dalam Software Corel Studio Video X3

Rekaman Suara ke dalam Software Corel Studio Video X3

Memasukkan Tulisan ke dalam Software Corel Studio Video X3

Memasukkan Video Transisi  ke dalam Software Corel Studio Video X3

Memasukkan Video filter efek  ke dalam Software Corel Studio Video X3

Memasukkan LOGO  ke dalam Software Corel Studio Video X3

Memasukkan Tulisan Penutup  ke dalam Software Corel Studio Video X3

Rendering Video dalam Software Corel Studio Video X3

 

SEMOGA BERMANFAAT SHARING YANG SEDERHANA INI

SALAM SAGUSAVI

Roch Aksiadi

Trainer SAGUSAVI

Facebook Comments

tags: , , , ,

Related For Workshop SAGUSAVI IGI di Ehipassiko School BSD City Berjalan Sukses…!!!