Cara Menggunakan Google Kelas Untuk Pembelajaran Online

Kamis, Januari 18th 2018. | Aplikasi

Cara Menggunakan Google Kelas Untuk Pembelajaran Online – Belum lama ini Google resmi meluncurkan program terbarunya yang bernama Google Kelas alias Google Classroom. Sama seperti namanya, dengan program anyar dari Google ini kita bisa membuat kelas untuk pembelajaran secara online.

Sayangnya program atau aplikasi Google Classroom ini belum begitu populer di kalangan pengguna komputer di Indonesia. Padahal jika anda tahu, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat jika jika menggunakan aplikasi Google Kelas. Dengan program atau aplikasi ini, kita bisa melakukan pembelajaran di manapun dan kapanpun.

Ya, dengan Google Kelas, kita bisa membuka kelas seperti halnya kelas konvensional di sekolah secara online tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Ada banyak sekali fitur yang ada di Google Kelas yang bisa digunakan oleh para guru maupun siswa seperti kirim dan terima tugas, kerja kelompok, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Sudah banyak pengguna komputer yang bisa merasakan manfaat Google Classroom. Selain bisa mempermudah pekerjaan guru, siswa juga dimudahkan dengan berbagai macam fiturnya seperti melihat nilai secara langsung, mengirim tugas ke guru dengan mudah, bertanya hal-hal yang tidak dimengerti, dll.

Tak hanya itu saja, antara guru dan siswa bisa bertukar informasi dan file. Cara downoad file di Google Classroom sangatlah mudah, seperti mendownload file-file biasa di internet. Cara mengirim tugas di Google Classroom juga sangat gampang, hanya tinggal upload saja dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Buat anda yang sebelumnya masih asing dengan Google Classroom tak perlu kawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan berbagi info mengenai panduan cara menggunakan Google Classroom secara lengkap. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja silahkan simak baik-baik ulasan yang satu ini.

  1. Karena Google Classroom ini merupakan program besutan Google yang terintegrasi dengan Gmail, pastikan anda memiliki akun Gmail yang masih aktif. Jika belum punya, silahkan daftar lebih dahulu. Jika anda belum tahu caranya, silahkan cara di Google dengan mengetikkan kata kunci “cara membuat Gmail”
  2. Jika sudah, silahkan masuk ke situs Google Classroom melalui link berikut ini. Jika halaman sudah terbuka, silahkan login menggunakan akun Gmail yang sudah anda miliki
  3. Setelah selesai login, maka anda akan diarahkan ke halaman dashboard Google Classroom. Ada dua menu yang bisa anda pilih yakni Buat Kelas (Creat Classroom) atau Gabung Kelas (Join Classroom)
  4. Jika anda sebagai guru dan ingin memberikan tugas kepada murid-murid, silahkan pilih Buat Kelas (Creat Classroom). Setelah itu silahkan pilih menu Buat Tugas untuk memberikan tugas kepada murid. Isi semua data yang diperlukan mulai dari judul tugas sampai dengan waktu pengumpulkan tugas
  5. Apabila sudah selesai, langsung terbitkan tugas. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah meminta murid-murid anda mengerjakan tugas. Caranya anda harus mengundangnya lewat alamat email yang mereka miliki. Jadi anda harus tahu semua alamat email yang dimiliki oleh murid atau siswa anda. Alamat email juga harus menggunakan akun Gmail
  6. Setelah itu dikirim, murid anda bisa langsung mengerjakan dan mengumpulkan tugasnya apabila sudah selesai. Setelah itu anda bisa langsung menilai tugas tersebut dan membagikan hasilnya kepada murid anda
  7. Buat anda sebagai murid dan ingin mendapatkan materi atau tugas dari guru. Silahkan pilih menu Gabung Kelas (Join Classroom), lalu masukkan kode kelas. Setiap kelas yang dibuat oleh guru pasti memiliki kode kelas. Anda hanya bisa join kelas tersebut apabila memiliki kodenya. Oleh sebab itu tanya kepada guru anda

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai tutorial atau panduan cara menggunakan Google Classroom untuk pembelajaran online dengan mudah dan praktis. Jikalau informasi yang kami bagikan kali ini dirasa bermanfaat, jangan ragu-ragu untuk membagikannya. Sampai jumpa.

 

Sumber : https://komputerrakitan.net/

Facebook Comments

tags: , ,

Related For Cara Menggunakan Google Kelas Untuk Pembelajaran Online