Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) Semua Jenjang

Kamis, Januari 18th 2018. | Aplikasi

Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)  Semua Jenjang – Untuk terus melakukan pembaharuan dalam bidang pendidikan, pemerintah terus memberikan inovasi. Tujuannya sangatlah jelas, yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Upaya itu dimulai dengan cara mendisiplinkan GTK melalui Aplikasi Kehadiran GTK online.

Metode daftar hadir manual tentunya akan sangat lambat proses pelaporannya. Terbaru, Pemerintah melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud mengeluarkan sebuah aplikasi berbasis online yaitu Aplikasi Daftar  Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK).

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan.
Perubahan user id dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing. Perubahan user id dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron. Dalam Aplikasi DHGTK terdapat tiga menu utama yaitu (1). Beranda; (2). Kehadiran; (3). Keluar Aplikasi.
Sekedar untuk diketahui, untuk dapat mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem :
  • Login dengan userid kepala sekolah
  • Login dengan userid operator dapodik
Catatan :
Kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari data dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.)
Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar  Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)  Semua Jenjang ini menjelaskan secara lengkap mengenai semua hal yang terkait dengan penggunaan aplikasi daftar hadir GTK online ini. Seperti :
  • Penjelasan mengenai aplikasi dan sfesifikasi minimum browser.
  • Panduang penggunaan (User), mulai dari Kepala Sekolah, Operator Sekolah (Petugas Absen), dan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).
Semuanya dipaparkan secara lengkap dari alamat DHGTK, cara login, bagaimana cara membuat kalender sekolah, mengisi kehadiran, sampai mencetak/mengisi surat ijin ketidakhadiran di sekolah.
Untuk lebih jelasnya silakan anda pelajari terutama untuk rekan Operator Sekolah yang semakin waktu semakin kompleks tugasnya. Berikut buku panduan lengkapnya :
Demikian artikel mengenai Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar  Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK).  Semua Jenjang . Semoga bermanfaat.
Sumber :
http://www.blogsekolah.net/2018/01/panduan-penggunaan-aplikasi-daftar.html
Facebook Comments

tags: , ,

Related For Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) Semua Jenjang