Belajar Empati Sejak Dini

Rabu, Februari 28th 2018. | Artikel, Standar Pengelolaan

Oleh :
Purwadi, S.Pd.
Guru SDN 1 Baturetno
Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah

Beberapa waktu yang lalu, tak sengaja saya melihat seorang anak berusia kira-kira 7 tahun sangat cuek dan tidak peduli pada sekitarnya. Pernah suatu kali, adiknya jatuh di sampingnya sampai tangan dan lututnya berdarah, membuat si adik menangis. Namun kakak itu hanya diam dan melihat adiknya, lalu kembali bermain seolah tidak terjadi apa-apa. Di sekolah pun demikian. Kakak lebih asyik sendiri dan tidak bermain dengan teman, karena teman-temannya tidak nyaman dengan Kakak yang suka merebut mainan dan tidak mau minta maaf saat melakukan kesalahan.

Empati. Apa sih empati itu sebenarnya? Empati adalah kemampuan seseorang untuk memahami pola pikir, perasaan, dan juga tindakan orang lain, sehingga seseorang dapat memberikan respon yang sesuai kepada orang lain saat berada pada suatu situasi tertentu. Empati merupakan dasar yang sangat penting agar seseorang mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

Saat seorang anak tidak punya empati, bisa dibayangkan bagaimana kelak dia akan berinteraksi dengan orang lain. Anak akan menjadi seorang yang egosentris, memikirkan diri sendiri, tidak memiliki kepedulian terhadap orang lain, dan cenderung untuk berperilaku buruk. Semakin dini anak mulai belajar tentang empati dia akan menjadi anak yang lebih peka dan peduli terhadap lingkungannya.

Banyak cara mengajari anak berempati.
Pertama, ajarkan anak untuk mengenali emosinya. Emosi marah, sedih, gembira atau takut. Biasakan untuk bertanya padanya, apa yang ia rasakan.
Kedua, biasakan anak untuk mengucapkan terima kasih, tolong, dan maaf. Sebutkan dengan jelas, apa yang membuat ia harus mengatakan ketiga kata tersebut agar ia menjadi lebih paham.
Ketiga, berikan contoh yang konsisten kepada anak tentang perilaku-perilaku yang baik.
Keempat, berikanlah pujian saat anak melakukan hal yang baik agar dia juga merasa termotivasi dan menerapkan perilaku baik dalam kehidupannya sehari-hari.
Selamat berempati….

Sumber gambar :
https://id.theasianparent.com

Facebook Comments

tags: , , , , , , ,

Related For Belajar Empati Sejak Dini