Guru harus memiliki lebih dari 1 keterampilan oleh Riswanto (jurus1)

Senin, Agustus 13th 2018. | Artikel, Mutu Pendidikan

Bisa Anda tebak kemampuan apa yang saat ini dimiliki oleh sebagian besar guru?
jika tidak berlebihan dalam menjawab maka bisa kita tebak bahwa sebagian besar guru hanya memiliki kemampuan dalam bidang pengajaran, ya memang tidak salah lah emang dia guru wajar saja kalau kemampuannya mengajar, namun tak ada salahnya dan alangkah baiknya seorang guru memilki kemampuan diluar dari keterampilan mengajar, kalau keterampilan mengajar adalah wajibnya maka keterampilan yang lain adalah sunnahnya.
Seperti halnya ibadah ada yang wajibnya yang mesti kita kerjakan adapula hal yang sunnahnya sebagai tambahan dari yang wajib itu
Artinya hal yang sunnah itu bisa menambahkan yang wajib
Lalu keterampilan apa yang bisa membuat guru diatas rata-rata guru lainnya.
Pertama : Keterampilan Berbicara di depan Publik
Mengapa berbicara di depan publik itu saya katakan sebagai keterampilan?
Pada kenyataaanya bahwa berbicara di depan publik dapat dipelajari oleh setiap orang sehingga ini dapat dikatakan sebagai sebuah keterampilan.
Lalu apa pentingnya kita memiliki keterampilan ini ?
Setidaknya ada 2 keterampilan yang bisa membuat orang bisa berpengaruh yang pertama adalah kemampuan berbicara di depan publik dan yang kedua adalah kemampuan menulis.
Dengan memiliki keterampilan ini seorang guru akan mampu meyakinkan orang lain sehingga ide-ide kreatifnya bisa berkembang luas.
Kedua : Keterampilan Menulis
Seperti yang sudah kita ketahui bersama dengan adanya tulisan maka sebuah ide dan pemikiran akan bisa lebih luas jangkauannya dan tak terbatas dengan

ruang dan waktu, artinya meskipun si penulisnya sudah tiada namun tulisannya akan tetap ada sepanjang ada pembacanya tentu saja.
“Jika kita ingin mengenal dunia membacalah, jika dunia ingin mengenal kita maka menulislah”
Nah keterampilan ini akan kita bahas lebih lanjut di segmen selanjutnya
Ketiga : Keterampilan Mempengaruhi Orang lain
Keterampilan ini tentu saja akan sangat berguna buat sang guru yang sehariharinya berinteraksi dengan siswa, tentu akan sangat membantunya
Bagaimana Anda bisa memberikan perintah pada siswa lalu mereka dengan senang hati mengerjakan apa yang Anda perintahkan tersebut.
Saat ini setidaknya ada dua bidang ilmu yang sangat berkembang dalam mempengaruhi orang lain dan sudah banyak dibuktikan oleh para penggunanya yaitu Neuro Linguistic Programming (NLP) dan Hypnosis.
Dengan kedua ilmu ini tentu saja akan sangat membantu sang guru dalam pengajaran, dan dalam tinjaun ilmu pengetahuan terkini bahwa pikiran kita terdiri dari 12% pikiran sadar dan 88% pikiran bawah sadar, dan jika anda bisa mengoptimalkan yang 88% itu maka akan sangat berguna untuk kesuksesan Kegiatan belajar mengajar.
Kedua ilmu ini (NLP dan Hypnosis) lebih cenderung menggunakan pikiran bawah sadar dalam praktekknya.
Dengan memiliki lebih dari satu keterampilan tentu akan banyak peluang yang bisa menambah penghasilan, selain hari kerja yang Anda gunakan untuk mengajar di sekolah waktu libur Anda bisa dimanfaatkan untuk berbagi ilmu.
Tips dari saya manfaatkan waktu libur Anda untuk menambah keterampilan yang bisa menunjang karir bapak & Ibu dan hal ini bisa didapat dari membaca buku, ikut seminar dan pelatihan ataupun diskusi dengan ahlinya.

 

Teori tak akan bernilai apa-apa tanpa praktek !
Silahkan Anda tuliskan 5 keterampilan yang menurut Anda bisa menambah nilai diri Anda
1 …………………………………………………………………………………………………………..
2 …………………………………………………………………………………………………………..
3 …………………………………………………………………………………………………………..
4 …………………………………………………………………………………………………………..
5 …………………………………………………………………………………………………………..

 

Sumber:
Jurus Guru Bebas Finansial oleh Riswanto

Facebook Comments

tags: , , , , , ,

Related For Guru harus memiliki lebih dari 1 keterampilan oleh Riswanto (jurus1)