Guru harus memiliki lebih dari 1 penghasilan oleh Riswanto (jurus2)

Selasa, Agustus 14th 2018. | Artikel

Mengapa sering kali penghasilan kita tak bertambah secara terus menerus ?
kalau saya ibaratkan sebuah kran air, maka saat penghasilan Anda hanya dari mengajar maka kran Anda yang mengalir hanya satu, dan jika kran yang satu itu mampet sudah pasti Anda akan kewalahan.
Pertanyaan yang sering kali timbul adalah bagaimana dengan mengajarnya?
Tentu saja selama Anda bisa professional dari urusan mengajar dan penghasilan tambahan tentu nggak masalah.
Selama Anda bisa cerdas menjalankan bisnis dan mengajar Anda tentu tidak akan ada masalah
Lalu bisnis apa yang bisa dijalankan oleh seorang guru ?
Tentu bisnis apapun bisa dilakukan namun alangkah baiknya penghasilan tambahannya itu sejalan dengan profesi guru misalkan Anda membuat buku pelajaran, Lembar Kerja Siswa, Karya dan inovasi pengajaran dll yang tentunya Anda semua sudah paham.
Atau anda bisa menjadi seorang pembicara dalam bidang pendidikan, konsultan pendidikan dll
Intinya selama penghasilan tambahan itu halal dan Anda bisa menjalankannya secara professional tentu nggak masalah, yang masalah adalah Anda mengejar penghasilan tambahan dan sering meninggalkan tugas mengajar.
Apalagi perkembangan teknologi saat ini yang begitu canggih, dengan handphone Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa jadi lebih besar dari penghasilan mengajar.
Dengan berbisnis online bisa menjadi solusi Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yang anehnya ada guru sering kali mengeluh dengan sedikitnya penghasilan dari mengajarnya namun tak mau berusaha

mendapatkan penghasilan lain dengan alasan mengganggu mengajarnya, kalau sudah begitu ya nikmati saja penghasilan Anda saat ini
Meskipun dengan alasan “ya bersyukur sajalah”, dan tentunya kalau penghasilan tambahan Anda lebih banyak tentu rasa syukurnya jadi lebih luar biasa bukan?
Setidaknya dengan adanya penghasilan tambahan, mengajar Anda lebih tenang dan dapur anda akan terus mengebul…hehehe
Bisa jadi penghasilan tambahan Anda akan jauh lebih besar dari gaji mengajar Anda dan hal ini bisa jadi lantaran keberkahan dari mengajar, dengan kata lain penghasilan tambahannya menjadi berkah dari mengajarnya
Selain itu guru yang berpenghasilan lebih setidaknya bisa membantu peserta didiknya dalam hal pembiayaan sekolah, ia bisa memberikan bantuan berupa beasiswa ataupun menjadi orang tua asuh.
Penghasilan tambahan seorang guru bisa juga didapat dari hasil karya siswa yang dijual, tentunya dengan seizin dan kesepakatan siswa….hehehe
Selain itu penghasilan tambahan selain bermanfaat untuk dirinya juga bisa membantu biaya sekolah peserta didiknya.
Terkadang mindset sebagian guru ketika berbicara bisnis tambahan sudah negatif thinking duluan, katanya dengan berbisnis tambahan akan mengganggu mengajarnya
Padahal tak bisa dipungkiri bahwa selain penghasilan dari mengajar tentu ia juga butuh tambahan pemasukan bukan ?
Namun karena pikirannya yang seperti itu sudah memblok dalam otaknya, bahwa seorang guru cukup mengajar saja nggak boleh bisnis, inilah yang mesti diluruskan, jadi guru kaya tentu tidak ada salahnya, malah guru seperti itu tentunya akan jauh lebih banyak manfaatnya.
Namun sekali lagi antara mengajar dan berbisnis tentu harus dilakukan secara professional, jangan sampai yang wajibnya ditinggalkan untuk mendahulukan yang sunnnahnya.

Tips dari saya carilah penghasilan tambahan Anda dari bidang yang menunjang karier Anda, selain Anda sudah ahli Anda juga tak perlu mengeluarkan banyak biaya tambahan, pelajari bisnis-bisnis online yang tak menganggu waktu mengajar Anda.
Teori tak akan bernilai apa-apa tanpa praktek !
Silahkan Anda tuliskan 5 tambahan penghasilan yang bisa Anda dapatkan selain dari mengajar
1 …………………………………………………………………………………………………………..
2 …………………………………………………………………………………………………………..
3 …………………………………………………………………………………………………………..
4 …………………………………………………………………………………………………………..
5 …………………………………………………………………………………………………………..

 

Sumber:
Jurus Guru Bebas Finansial oleh Riswanto

Facebook Comments

tags: , , , , , , , ,

Related For Guru harus memiliki lebih dari 1 penghasilan oleh Riswanto (jurus2)