Hadiah Terbesar dari Allah Subhanahuwatala

Senin, Maret 5th 2018. | Artikel

Apakah Hadiah Terbesar Yang Telah Diberikan Allah SWT Kepada Kita?
Oleh : Jukri
Alijukrie@gmail.com

Apakah harta yang berlimpah ?
Apakah jabatan yang disandang ? atau
Kekuasaan yang mutlak ?
Ketika saya bertanya kepada cendikiawan, mereka menjawab bahwa hadiah terbesar yang telah diberikan Allah SWT kepada kita adalah “Kesabaran”, saya pun bertanya, kenapa kesabaran?
Cedikiawanpun berkata:” Dengan kesabaran hati akan selalu tenang, damai, tentram dalam menghadapi berbadai macam masalah yang pasti akan selalu datang untuk mencoba kita sebagai mahluk pengembara di dunia, dan jika kita mampu menghadapinya pada akhirnya kehidupan kita akan bertambah baik (sejahtera) selamat dunia dan akhirat”. Jika kita mengaju pada pepatah jawa yang mengatakan bahwa manuso kwi kudu trimo ing padume dewe-dewe yang mungkin artinya adalah manusia harus menerima atas apa/kudrat ketentuan yang ditermianya masing-masing, pasti tidak ada manusia yang “overdosis”.
Bagaimana cara mendapatkan kesabaran tersebut?
Salah satu cara mendapatkan kesabaran ini adalah dari orang-orang yang membenci, menghasut, menteror bahkan menganiaya kita. Oleh karena itu janganlah mnyingkir bahkan lari dari orang-orang seperti tersebut, karena itu adalah awal dari penggemblengan kesabaran. Hadapi dengan penuh keyakinan dan kepastian bahwa kita mampu mengatasinya. Orang-orang yang membenci, menghasut, menteror dan menganiaya itu kalau kita terus dekati lambat laun insyaallah akan malu dan menghindar atau bahkan berbalik mengasihi kita dan itu merupakan harapan kita untuk menjalin silaturahmi.
Orang-orang yang menghindar dan lari dari orang tersebut di atas berarti ia tidak ingin mendapatkan hadiah terbesar yang akan dititipkan Allah SWT kepadanya. Ia pengecut, ia banci, ia egois, itulah sebutan bagi orang yang menghindar dan lari dari kenyataan tersebut. Oleh karena itu mari kita hadapi apa pun yang ada dihadapan kita dengan penuh kesabaran dan insyaallah kita semua termasuk orang-orang yang senantiasa sabar, karena kesabaran adalah bagian dari keimanan dan pada akhirnya kita semua selamat dunia dan akhirat. Amiiiin.
Buah pikiran ini dipersembahkan untuk teman-teman kebangaanku yang jauh di mata tapi Insyaallah dekat di hati. Mudah-mudahan buah pikiran ini menjadi salah satu spirit dalam hidup. Wahai teman-teman kebanggaanku jangan lupakan aku, berilah sedikit ruang hatimu untuk diisi oleh hatiku. Semoga kita semua tetap bersilaturahmi dan selalu dirahmati oleh Allah SWT, amiiiin.
Salam hangat dan ta’dzim untuk teman-teman kebanggaanku!

“Ketika pengabdian terhadap negara adalah tugas dan kewajiban, maka pegabdian kepada Allah sebagai manusia yang berkeyakinan harus tetap dilakusanakan keduanya harus tetap sejalan dan solidaritas di proiritaskan, antara ruh dan jiwa harus satu arah dalam kontek haqiqi kita sebagai hamba”

Facebook Comments

tags: ,

Related For Hadiah Terbesar dari Allah Subhanahuwatala