Membangun Kepemimpinan Bisnis dalam Era Disruptif dalam Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Tangerang 2018

Sabtu, Agustus 25th 2018. | Artikel, Pendidikan Karakter

Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono, M.M. sedang memaparkan materi Seminar Nasional

ManajemenPendidikan.Net, Sabtu 25 Agustus 2018, Universitas Muhammadiyah Tangerang Prodi Pascasarjana Magister Manajemen dan Magister Pendidikan Agama Islam mengadakan Seminar Nasional. Pada kali ini seminar mengambil tema“Membangun Kepemimpinan Bisnis dalam Era Disruptif“. Setelah sambutan oleh Direktur Pascasarjana, Bapak Dr. H. Priyo Susilo, M.M., acara secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang Bapak Dr. H. Achmad Badawi, S.Pd., S.E., M.M.

Seminar Nasional ini dibawakan oleh 2 narasumber yaitu:
1. Bapak Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono, M.M. membawakan tema ” Kepemimpinan Spiritual di Era Disruption (VUCA)”
2. Bapak M. Yana Aditya, S.E., M.M., CSA., CRP., AFF.WM. membawakan tema “Leadership Energy to Win Global Competition in Disruptive Era”

Kedua narasumber memberikan pemaparan dengan sangat baik dan mudah dimengerti, sehingga semua peserta seminar terlihat sangat antausias dalam mengikuti kegiatan ini. Bapak Heru menyampaikan budaya Mindfulness yang sudah diterapkan oleh UCLA, Oxford University, Cambride University dan Perusahaan Google, memiliki tujuan agar manusia diera sekarang tetap khusuk, dapat berdoa untuk orang lain, perasaan menjadi lebih bahagia, tidak mudah heran dan tetap tenang menghadapi segala macam keadaan disekitar. Era Disruption menyebabkan shock dan dapat semakin shock di masa yang akan datang. Banyak peristiwa yang sudah mencengangkan kita semua diera ini seperti ekspansi GO-JEK dari Ojek ke FINTECH. Disamping itu juga ditemukan teknologi terbarukan seperti kecepatan kereta magnetik bawah tanah, Roket untuk transportasi jarak jauh, mobil tanpa sopir, dan diagnosa kecerdasan buatan dari alat kesehatan yang setara dengan 10 dokter spesialis. Beliau juga menjelaskan mengenai Metafora Organisasi yang terdiri dari:
1. Mesin menjadi mesin efisien
2. Organisme menjadi organisme kreatif
3. Arena politik menjadi arena sinergi
4. Budaya menjadi Budaya Fleksibel dan Produktif
5. Belenggu Psikologis menjadi Cahaya Cinta (spiritual)

Tugas Utama Pemimpin saat ini adalah memberi arah dan mengangkat martabat kehidupan, seperti cinta tak bersyarat bagaikan pancaran cahaya matahari. Begitu juga kecerdasan yang harus dimiliki pemimpin di era Disrupsi adalah:
1. Intelectual Quotient
2. Emotional Quotient
3. Execution Quotient
4. Adversity Quotient
5. Spiritual Quotient (membangun keberlimpahan)

Itulah beberapa point penting yang disampaikan oleh Prof. Heru, semoga dapat membuka wawasan para peserta yang hadir untuk meningkatkan kebijaksanaan bagi semua.

Kemudian setelah selesai pemaparan dari Prof Heru, dilanjutkan oleh Bapak Yana, beliau memaparkan tentang Leadership Energy to Win Global Competition in Disruptive Era. Transformasi Bisnis dilakukan oleh Gojek dari bisnis Ojek online menjadi Big Data Analytics. Saat ini banyak hal terbantahkan dari ilmu akuntasi seperti Aset tetap (gedung) ternyata saat ini bukan menjadi syarat utama mengembangkan perusahaan hal ini dilakukan seperti oleh amazon,  airbnp, uber, dll. Saat ini Revolusi Industri 4.0 sudah berlangsung, banyak bisnis yang beralih ke digital seperti belanja online, nonton acara tv digital, mendengarkan musik di cloud, taksi online, dan tiketing online. Diharapkan pemimpin saat ini harus tangkas dalam mengelola perubahan yang begitu cepat. Hal yang mengherankan adalah perusahaan sekelas Apple sedang mempersiapkan kematian produk iPhone, hal ini pasti akan timbul perubahan yang lebih dasyat lagi diera mendatang. Ketika kita jadi pemimpin disaat ini haruslah tidak Gaptek, harus adaptif, menerima feedback, pandai berkomunikasi, mengambil keputusan dengan cepat, mampu berkolaborasi, ada di semua lini, toleransi dalam semua bidang, hal ini dapat terus dikembangkan agar organisasi yang dipimpin terus dapat menerima dan melakukan kegiatannya sesuai dengan era digital dalam Revolusi Industri 4.0.

Setelah pemaparan selesai kemudian diadakan tanya jawab. Tanya jawab berjalan dengan baik dan semua pertanyaan dapat dijawab dengan baik dan sukses. Semoga seminar nasional ini dapat memicu semua mahasiswa dan dosen untuk terus mengupayakan hal yang terbaik dalam menghadapi era disruptif ini.

Salam Sukses Selalu

by rochaksiadi – ManajemenPendidikan.Net

Facebook Comments

tags: , , , , , , , , ,

Related For Membangun Kepemimpinan Bisnis dalam Era Disruptif dalam Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Tangerang 2018