Menjadi Guru Berprestasi oleh Bapak Ali Usman,SS,MPd

Jumat, Agustus 10th 2018. | Artikel, Mutu Pendidikan

Guru Berprestasi adalah guru yang memiliki kinerja melampaui standar yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan, yang mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan mampu menghasilkan karya inovatif yang diakui baik pada tingkat daerah, nasional dan/atau internasional; dan secara langsung membimbing peserta didik hingga mencapai prestasi di bidang intrakurikuler dan/atau ekstrakurikuler.

Menjelang bulan Mei setiap tahunnya selalu diadakan kompetisi antar guru seIndonesia dalam Pemilihan Guru Berprestasi mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, provinsi dan final di tingkat nasional. Adapun puncak dari kegiatan tersebut adalah diserahkannya piala dan penghargaan bagi para pemenang pada tanggal 2 Mei tepat saat peringatan Hari Pendidikan Nasional. Atau bahkan di bulan Agustus ketika upacara peringatan kemerdekaan RI di Istana Negara untuk tingkat nasional. Dan ada juga pernah diberikan upacara hari guru nasional di bulan November. Pemilihan Guru Berprestasi menjadi ajang kompetisi positif dan sharing antar peserta dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka. Lalu hal apa saja yang menjadi materi lomba guru berprestasi?

Sebelum ke materi lomba, bapak ibu, mari kita pahami, Sifat Pemilihan Guru Berprestasi:

1. Pemilihan guru berprestasi ini bersifat kompetitif dan bukan berdasarkan pemerataan. Setiap guru yang memenuhi kriteria berhak mengikuti program ini.

2. Pemilihan guru berprestasi dilaksanakan secara objektif (mengacu pada proses penilaian dan penetapan predikat guru berprestasi dan dilaksanakan secara impartial, non diskriminatif serta memenuhi standar penilaian), transparan (mengacu pada proses yang memberikan peluang kepada semua pemangku kepentingan untuk memperoleh akses informasi tentang penilaian dan penetapan predikat guru berprestasi sebagai suatu sistem yang meliputi masukan, proses dan hasil penilaian), akuntabel (penilaian dan penetapan predikat guru berprestasi dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pemangku kepentingan pendidikan baik secara akademik maupun administratif.

Siapa aja yang boleh ikut bapak ibu guru dahsyat? Peserta yang boleh ikut pemilihan guru berprestasi ini adalah : 1. Kelompok guru tingkat satuan pendidikan TK (guru TK /Raudhatul Athfal/ Bustanul Athfal/TK Luar Biasa. 2. Kelompok guru tingkat satuan pendidikan SD (guru SD/MI/SDLB). 3. Kelompok guru tingkat satuan pendidikan SMP (guru SMP/Mts/SMPLB). 4. Kelompok guru tingkat satuan pendidikan SMA (guru SMA/SMK/MA/SMA Luar Biasa).

Kriteria pemilihan guru berprestasi ini bagaimana?

Kriterianya adalah :

1. Guru unggul/mumpuni dilihat dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Subkompetensi masing-masing kompetensi disajikan pada bagian penilaian. a. Kompetensi Pedagogik tercermin dari tingkat pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. b. Kompetensi Kepribadian tercermin dari kemampuan personal berupa kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat dan berakhlak mulia. c. Kompetensi Sosial tercermin dari kemampuan berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar. d. Kompetensi Profesional tercermin dari tingkat penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam baik materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan struktur dan metodologi keilmuannya.

2. Guru yang menghasilkan karya kreatif atau inovatif melalui :

a. Pembaruan (inovasi) dalam pembelajaran atau bimbingan.

b. Penemuan teknologi tepat guna dalam bidang pendidikan.

c. Penulisan buku fiksi/nonfiksi di bidang pendidikan atau sastra Indonesia dan sastra daerah.

d. Penciptaan karya seni; atau

e. Karya atau prestasi di bidang olah raga.

3. Guru yang secara langsung membimbing peserta didik hingga mencapai prestasi di bidang intrakurikuler dan/atau ekstrakurikuler.

Persyaratan ikut pemilihan guru berprestasi :
1) Guru yang berstatus PNS/Non PNS serta tidak mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau dalam proses pengangkatan kepala sekolah, atau transisi alih tugas ke unit kerja lainnya.

2) Aktif melaksanakan proses pembelajaran /bimbingan dan konseling.

3) Belum pernah dikenai hukuman disiplin atau tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin.

4) Masa kerja sebagai guru secara terus menerus sekurang-kurangnya 8 tahun.

5) Bukti prestasi yang dicapai ditulis dalam bentuk karya tulis/laporan yang telah disahkan oleh kepala sekolah.

6) Bukti partisipasi dalam kemasyarakatan berupa surat keterangan atau bukti fisik lainnya yang telah disahkan kepala sekolah.

7) Menyusun portofolio bagi guruTK/SD/SMP/SMA atau sederajat yang meraih Pemenang I di sekolah yang akan mengikuti seleksi di tingkat selanjutnya.

8) Guru-guru yang pernah meraih predikat guru berprestasi peringkat I,II,III tingkat nasional tidak diperkenankan mengikuti program ini.

9) Guru-guru yang pernah meraih predikat guru berprestasi peringkat I,II,III di tingkat provinsi dapat mengikuti program ini setelah 5 tahun.

10) Mempunyai beban kerja minimal 24 jam tatap muka perminggu atau ekuivalen.

Simpulan

Guru berprestasi adalah motivasi

Menjadi menang adalah tantangan

Menjadi teladan adalah keharusan

Menjadi hebat adalah semangat

Guru mulia adalah mahkota

Guru idola adalah senjata

Guru kreatif adalah alternatif

Guru smart adalah tekad

Marilah terus bersemangat menjadi hebat dan menghebatkan

Bersama kita bisa

Bersama Allah semua pasti mudah.

Allahuakbar

 

Sumber :
Ebook GO 21
Grup Guru Dahsyat Nusantara
Diklat Online Grup Guru Dahsyat Nusantara Angkatan 17 Senin, 24 Juli 2017
Narasumber. : Bapak Ali Usman,SS,MPd

Facebook Comments

tags: , , ,

Related For Menjadi Guru Berprestasi oleh Bapak Ali Usman,SS,MPd