Menjadi Orang Tua Hebat Jaman Now

Selasa, Oktober 9th 2018. | Artikel, Pendidikan Karakter

Menjadi orang tua hebat jaman now berbeda dengan jaman tahun 80-an. Tuntutan zaman yang semakin tinggi membuat orang tua saat ini  terus berpikir keras untuk membuat anak untuk tetap tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik tanpa menghilangkan nilai moral dan akademik serta keterampilan.

Keluarga adalah tempat lahirnya benih generasi berkarakter dan sekolah adalah tempat tumbuh kembangnya generasi tersebut. Mengingat peran Ayah Bunda sebagai pendidik terpenting dalam masa tumbuh kembang anak, kami selaku pemerintah menyadari bahwa orangtua adalah mitra sejati bagi pendidik. Sebagai orangtua, kita tidak cukup hanya berdiri di luar pagar sekolah mengamati proses pendidikan anak-anak kita dari jauh. Tentu perlu kerja keras dari dua sisi Oleh karena itu, sejak tahun 2015, Kemendikbud berupaya membantu Ayah Bunda dengan khusus mendirikan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. Direktorat ini bertujuan mendukung kolaborasi yang aktif dan positif antara orangtua dan sekolah untuk menyukseskan dan menyelaraskan program pendidikan yang dikembangkan sekolah, termasuk pendidikan budi pekerti anak-anak kita. Apa yang Kemendikbud lakukan adalah bagian dari komitmen negara untuk hadir mengawal peradaban melalui pendidikan keluarga untuk mempersiapkan generasi penerus yang berkarakter, cerdas, dan kreatif.
Ayah Bunda para sahabat Ananda yang saya hormati,

Memasuki masa remaja pada jenjang SMP, anak-anak sedang berada pada tahap dan proses pencarian jati diri. Ananda akan mencoba berbagai hal baru di dalam hidupnya, yang banyak dipengaruhi oleh pertemanan dan lingkungan sosialnya demi menemukan gambaran diri mereka yang paling dianggap sesuai. Ayah Bunda pada masa ini sebaiknya menjadi teman dekat Ananda sebagai tempat pertama yang mereka cari untuk berbagi. Di samping memberi ruang Ananda untuk eksplorasi pengalaman, Ayah Bunda juga diharapkan memberi rambu-rambu dan tetap mengamati pergaulan mereka. Pada masa ini anak-anak umumnya sudah mengalami pubertas, sehingga mereka sudah harus dapat menjaga dirinya dan hubungannya dengan orang lain. Ayah Bunda dapat memberikan dorongan kepada anak-anak kita untuk melakukan berbagai aktivitas yang positif, seperti berorganisasi, bergabung di sanggar-sanggar seni, dan sebagainya. Dengan begitu, Ananda akan merasa dimengerti dan didukung potensi serta kegemarannya.

Akhir kata, semoga buku ini dapat menjadi salah satu pemantik inspirasi bagi Ayah Bunda dalam mengantarkan sang buah hati menjadi dirinya yang terbaik, tak padam semangat dalam terus belajar dan berkarya, serta berkontribusi bagi bangsa dan lingkungan sekitarnya.

Selamat membaca dengan hati.
Salam,
Anies Baswedan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Berikut artikel yng lebih lengkap:

Sumber :
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Jakarta, 2016

Facebook Comments

tags: , , , , , , , , , , ,

Related For Menjadi Orang Tua Hebat Jaman Now