PENGELOLAAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT

Sabtu, Februari 17th 2018. | Artikel, Manajemen Pendidikan

Pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat saat ini amatlah penting mengingat masyarakat berperan pula sebagai stakeholder pendidikan. Peran ini akan mempengaruhi maju mundurnya sekolah, kepuasan pelanggan merupakan kunci keberhasilan dari pengelolaan sebuah sekolah.

  1. Konsep Dasar Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

Secara etimologis, “hubungan masyarakat” diterjemahkan dari perkataan bahasa Inggris “public relation”, yang berarti hubungan sekolah dengan masyarakat ialah sebagai hubungan timbal balik antara suatu organisasi (sekolah) dengan masyarakatnya.

 

Sekolah mempunyai kewajiban secara legal dan moral untuk selalu memberikan penerangan kepada masyarakat tentang tujuan-tujuan, program-program, kebutuhan-kebutuhan dan keadaannya, dan sebaliknya sekolah harus mengetahui dengan jelas kebutuhan, harapan dan tuntutan masyarakat.

Pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat dikenal pula dengan istilah “public school relation” yang berarti hubungan timbal balik antara sekolah dan masyarakat atau lingkungan terkait.

Terdapat beberapa definisi public school relation atau hubungan pengeloalaan sekolah dan masyarakat, sebagai berikut :

  1. Ward G. Reeder, menyatakan public school relations are those activities which seek to bring a harmonious working relationship between the school and the public which the school serve”
  2. Kindred Lestie, berpendapat bahwa hubungan sekolah dan masyarakat adalah suatu proses komunikasi antara sekolah dan masyarak untuk berusaha menanamkan pengertian warga masyarakat tentang kebutuhan dan karya peendidikan serta pendorong minat dan tanggung jawab masyarakat dalam usaha memajukan sekolah”
  3. J Mamusung, berpendapat bahwa hubungan sekolah dan masyarakat adalah aktivitas keterampilan personil sekolah dalam mengungkapkan cita rasa karsa kedalam kata dan karya kreatif, hasil pemotretan keseluruhan pengelolaan sekolah untuk disebar luaskan melalui relasi manusia kepada khalayak terkait, dengan harapan memberikan dukungan yang menguntungkan bagi kepentingan serta kesuksesan lembaga beserta khalayaknya.
  4. Prinsip-prinsip dan Metode dalam Membina Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

Adapun prinsip-prinsip hubungan sekolah dengan masyarakat dapat dirangkum sebagai berikut:

  1. Kerjasama harus dimodali dengan itikad baik untuk menciptakan citra baik tentang pendidikan.
  2. Pihak awam dalam berperan serta membantu dan merealisasikan program sekolah, hendaknya menghormati dan mentaati ketentuan/peraturan yang diberlakukan di sekolah.
  3. Berkaitan dengan prinsip dan teknis edukatif, sekolahlah yang lebih berkewajiban dan lebih berhak
  4. Segala saran yang berkaitan dengan kepentingan sekolah harus disalurkan melalui lembaga resmi yang bertanggungjawab dalam
  5. Partisipasi/peranserta masyarakat tidak saja dalam bentuk gagasan/usul/saran tetapi juga berikut organisasi dan kepengurusannya yang dirasakan benar-benar bermanfaat bagi kemajuan
  6. Peran serta masyarakat tidak dibatasi oleh jenjang sekolah tertentu, sepanjang tidak mencampuri urusan teknis edukatif/akademis.
  7. Peran serta masyarakat akan bersifat konstruktif, apabila mereka sebagai awam diberi kesempatan mempelajari dan memahami permasalahan serta cara pemecahannya bagi kepentingan dan kemajuan
  8. Supaya sukses dalam “saling berperan serta”, haruslah dipahami betul nilai, cara kerja dan pola hidup yang ada dalam
  9. Kerjasama harus berkembang secara wajar, diawali dari yang paling sederhana, berkembang hingga hal-hal yang lebih
  10. Efektivitas keikutsertaan para awam perlu dibina hingga layak dalam mengembangkan gagasan/penemuan, saran, kritik sampai pada usaha pemecahan dan pencapaian keberhasilan bagi kemajuan

 

  1. Tujuan, Fungsi dan Manfaat Lembaga Sekolah dan Masyarakat

Elsbree telah mengemukakan tujuan hubungan sekolah dengan masyarakat sebagai berikut:

  1. Untuk meningkatkan kualitas belajar dan pertumbuhan anak.
  2. Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  3. Untuk mengembangkan antusiasme/semangat saling bantu antara sekolah dengan masyarakat demi kemajuan kedua belah

Ketiga tujuan tersebut menggambarkan adanya “two way trafic” atau dua arus komunikasi yang saling timbal balik antara sekolah dengan masyarakat. Hubungan sekolah dengan masyarakat akan berjalan dengan baik apabila terjadi kesepakatan antara sekolah dengan masyarakat tentang “policy” (kebijakan), perencanaan program dan strategi pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dengan demikian tidak ada lagi “barrier” atau penghalang dalam melaksanakan program hubungan sekolah dengan masyarakat.

Fungsi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

Fungsi Sekolah dalam Masyarakat

1)  Sekolah sebagai lembaga pembaharu (agent of change), yang mengintrodaksi perubahan pengetahuan, cara berpikir, pola hidup, kebiasaan dan tata cara pergaulan, dan sebagainya.

2)  Sekolah sebagai lembaga seleksi (selecting agency), yang memilih/membeda- bedakan anggota masyarakat menurut kemampuan dan potensinya dalam memberikan pembinaan sesuai dengan kemampuan itu, agar setiap individu/anggota masyarakat dapat dikembangkan dan dimanfaatkan potensinya semaksimal mungkin.

3)  Sekolah sebagai lembaga peningkat (class leveling agency), yang membantu meningkatkan taraf sosial warga negara dan dengan demikian mengurangi/menghilangkan perbedaan “kelas” dalam masyarakat.

4)  Sekolah sebagai lembaga asimilasi (assimilating agency), yang berusaha mengurangi/menghilangkan perbedaan-perbedaan atas tradisi, adat dan kebudayaan, sehingga terdapat usaha penyesuaian diri yang lebih besar dalam persatuan dan kesatuan bangsa.

5)  Sekolah sebagai lembaga pemeliharaan kelestarian (agent of preservation), yang memelihara dan meneruskan sifat-sifat budaya yang patut dipelihara dan diteruskan.

Sumber :
Makalah Eli Rosweli, dkk

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SILIWANGI
TASIKMALAYA
2015

Facebook Comments

tags: , , , , , , ,

Related For PENGELOLAAN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT