Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Selasa, Februari 27th 2018. | Artikel

Oleh :
Masikem, SD Negeri Grugu 02 Kawunganten
Kabupaten Cilacap – Jawa Tengah

Peran orang tua dalam pendidikan anak sangatlah besar. Orang tua mempunyai peran penting dalam proses belajar anak dalam membentuk pola belajar dan perilaku anak. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang dewasa sukses karena orang tua mendampingi anak-anaknya ketika masa sekolah.

Ada perbedaan antara anak yang mendapatkan perhatian orang tua dan yang kurang diperhatikan orang tuanya. Keterlibatan orangtua orang tua dalam pendidikan anak-anak akan memberi dampak yang positif bagi belajar anak. Anak yang didampingi dan mendapat perhatian akan meningkatkan motivasi belajar anak. Secara psikologis, anak merasa percaya diri, disayang, diperhatikan dan dia merasa tidak sendiri sehingga dia akan merasa nyaman dan akhirnya menumbuhkan motivasi belajar anak.

Sementara anak yang kurang mendapat perhatian orang tua, secara psikologis dia akan minder, merasa tertekan, merasa sendiri dan merasa diabaikan oleh orang tuanya sehingga anak kurang termotivasi untuk belajar. Anak akan berperilaku tidak wajar karena minta diperhatikan orang tuanya. Begitu juga di sekolah, dia akan cenderung lebih menyimpang untuk menarik perhatian guru dan teman-temannya. Karena peran orang tua yang begitu besar dalam pendidikan anaknya, maka sudah selayaknya orang tua melakukan komunikasi yang baik dengan anak. Setiap pulang sekolah, sebaiknya orang tua menyambutnya dengan senyum atau memberikannya pelukan supaya tercipta kedekatan antara orang tua dan anak. Orang tua dapat bertanya mulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana yang ada di lingkungan anak, misalnya menanyakan perasaannya ketika di sekolah atau menanyakan kegiatan yang dilakukannya di sekolah dengan teman-temannya.

Saat ini orang tua semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anaknya. Peran aktif orang tua perlu didukung oleh komunikasi yang baik antara orang tua dan pihak sekolah. Pihak sekolah dapat memfasilitasinya dengan membuat acara parenting agar orang tua memahami kurikulum dan cara mendampingi anak dalam belajar. Pihak sekolah dan orang tua perlu membuat kesepakatan agar yang diajarkan di rumah selaras dengan yang diajarkan di sekolah. Kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua akan mendukung minat dan bakat anak. Oleh karena itu pihak sekolah harus mengelola sistem informasi sekolah untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada semua pihak terutama kepada orang tua siswa sehingga orang tua siswa mampu meningkatkan perannya dalam pendidikan anaknya.

Sumber gambar:
http://www.koran-jakarta.com/peran-keluarga-dalam-mewujudkan-kepribadian-anak/

Facebook Comments

tags: , , , , , , , , , ,

Related For Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak