Principal Gathering UBM 2018 berjalan Sukses dan Hebat…!!!

Rabu, Mei 23rd 2018. | Artikel, Berita

Tangerang, 23 Mei 2018 dikampus Universitas Bunda Mulia Alam Sutra Tangerang diadakan acara Principal Gathering. Pada kali ini acara ini mengambil tema “MENGELOLA SEKOLAH OUT OF THE BOX”, yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Direktur, dan Manajemen sekolah disekitar Tangerang Raya. Pembicara yang hebat dan luar biasa hadir di tengah-tengah para Manajemen Sekolah yaitu :

  1. Bapak Purwadi Sutanto selaku Direktur Pembinaan SMA, Ditjen Dikdasmen, Kemendikbud
  2. Ibu Kandi Sofia S. Dahlan, M.B.A., Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UBM
  3. Ibu Yustina Sunati, S.Pd., MSc. selaku Praktisidan Founder Sekolah

Bapak Purwadi memberikan pengarahan yang berkaitan dengan Penguatan Pendidikan Karakter pada Anak. Proses pendidikan yang baik itu harus dengan proses mendidik, mendidik, mendidik, dan mengajar. Mendidiknya 3 kali dan mengajar 1 kali, hal ini menandakan pentingnya pendidikan karakter untuk anak. Kurikulum 2013 juga mengamanatkan untuk menerapkan Pendidikan Karakter lebih intensif dalam proses pendidikan, karena Program Pendidikan Karakter menjadi Fokus dari Kurikulum 2013

Ada 3 hal yang harus dipersiapkan dalam mengaplikasikan pendidikan saat ini untuk siswa didik kita yaitu:

  1. Karakter yang Kuat
  2. Wawasan Literasi
  3. Kompetensi

Bapak Purwadi juga menyampaikan perbandingan pendidikan karakter dan akademik pada tingkatan pendidikan diantaranya :

  1.  Tingkat Sekolah Dasar : Proses Pendidikan seharusnya memuat 70% Karakter dan 30% Akademik
  2. Tingkat Sekolah Menengah Pertama : Proses Pendidikan seharusnya memuat 60% Karakter dan 40% Akademik
  3. Tingkat Sekolah Menengah Atas : Proses Pendidikan seharusnya memuat 50% Karakter dan 50% Akademik

Pentingnya pendidikan karakter sejak awal kurikulum 2013 di berlakukan, terus didengungkan pendidikan Karakter, begitu juga seperti yang disampaikan oleh seluruh elemen pendidikan di Indonesia termasuk oleh Presiden Jokowi

Setelah Bapak Purwadi selesai memaparkan materi dilanjutkan oleh Ibu Kandi Sofia yang membahas tentang Socratic Seminar as a Creative. Hal ini sangat baik dipakai untuk metode pembelajaran di bangku SMA. Hal yang akan dikembangkan pada peserta didik saat sekarang ada 4 hal, yaitu :

  1. Kolaborasi dan Kerjasama kearah positif
  2. Kreatifitas dan Imaginasi kearah problem solving
  3. Berpikir Kritis
  4. Pemecahan Masalah

Keempat hal tersebut yang akan membangun karakter peserta didik untuk dapat maju dan tangguh dalam segala hal yang positif. Media yang ada di televisi juga turut membentuk karakter   peserta didik, karena hal ini sering dilihat dengan pemahaman yang mereka miliki. Jika siswa menyaksikan media yang kurang mendukung kearah pengembangan karakter yang positif maka hal ini dapat membawa anak menjadi cenderung lemah dalam hal karakter positif.

 

Kemudian pembicara ke 3 yaitu Ibu Yustina, yang memang sebagai founder sekolah dan manajemen sekolah yang memang sudah banyak pengalaman membahas bagaimana pendidikan dapat merubah tingkah laku manusia, meskipun kebudayaan dari lingkungannya kurang baik. Sebagai pendidik kita harus kreatif dan penuh inovatif dalam menciptakan metode dan stratagi untuk menciptaka pendidikan yang maju dan modern. Berbagai macam video motivasi pendidikan ditayangkan oleh beliau, sehingga peserta seminar menjadi lebih semangat dalam mengikuti acara ini.

Setelah ketiga Pembicara selesai memaparkan materinya, Ibu Young Dame R. Napitupulu, S.Psi., M.M selaku Direktur Pemasaran dan Perkembangan UBM yang dalam seminar ini bertindak sebagai Moderator, memberikan sesi tanya jawab. Suasanapun menjadi sangat hidup, karena berbagai pertanyaan disampaikan oleh para  peserta seminar, dan ketiga narasuber pun menjawab dengan sempurna dan sukses. Acara yang hebat ini akan dilakukan setiap tahun untuk merefresh kembali manajemen berbasis sekolah agar dapat terus berkembang demitercapainya pendidikan yang baik dan bermartabat khususnya Sekolah Tingkat SMA/K di wilayah Tangerang Raya.

Semoga Semua Berbahagia

Salam Sukses Selalu

 

by Roch Aksiadi – ManajemenPendidikan.Net

Facebook Comments

tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Related For Principal Gathering UBM 2018 berjalan Sukses dan Hebat…!!!