Teacher Trainer oleh Bapak Sambadar, cht, S. Pd

Sabtu, Agustus 11th 2018. | Artikel, Desain Pembelajaran

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, apa kabar semua?.semoga sehat walafiat, jumpa lagi dengan penuh semangat kita berdiskusi dalam rangka membentuk jiwa – jiwa yang ikhlas berkwalitas. Tema kita kali ini adalah Membangun inisiatif, mengapa?, karena sungguh inisiatif merupakan hal yang perlu kita miliki. utk lebih mengenal saya , sahabat boleh lihat di FB saya ada Vidio siaran langsung dari studio Radio Jakarta Islamic Center Kamis malam.

Sahabat, inisiatif adalah hal yang semestinya kita miliki, semua kita sungguh memerlukan sikap inisiatif, karena pada setiap saatnya kita selalu mendapat tantangan yang harus dihadapi dan selalu ada masalah yang perlu mendapat solusi.

Sahabat, berita yang menggembirakan adalah tidak ada perkembangan dan kesuksesan yang dapat diraih tanpa inisiatif kita.

Sahabat, sayang seribu sayang karakter inisiatif seringkali diabaikan dan kurang mendapat perhatian kita.

Sahabat, sungguh kita memiliki kemampuan belajar dan memiliki inisiatif yang menunjukkan semangat dan kualitas hidup kita.

Sahabat, Seringkali kita kehilangan peluang emas kita karena kita kurang memiliki inisiatif. Sadarkah sahabat?

Sahabat, inisiatif adalah sikap yang memampukan kita untuk mengekspresikan pemikiran, perkataan dan tindakan secara bijaksana untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Sahabat, Pekerjaan papun yang kita kerjakan dapat memberikan semangat lebih jika dilakukan dengan inisiatif atau ide-ide atau rencana-rencana yang kita miliki. Nah bagaimana dengan sahabat, Apakah sudah membangun inisiatif masing- masing?

Mengapa kita harus memiliki inisiatif ?.

Bu Retno dan Sahabat semua. Sikap inisiatif merupakan dasar dari kualitas kita, seperti kerajinan, kreatifitas, ketepatan waktu, tanggung jawab, kesenangan dalam bekerja, dll. Inisiatif adalah karakter proaktif, bukan reaktif yang cepat bereaksi seperti berkomentar sebelum menjalankan pekerjaan atau perintah.

 

Sahabat, hal yang perlu kita ingat bhw hidup dan pekerjaan akan lebih nyaman jika didapat dari hasil kerja dan inisiatif sendiri kita sendiri.

sebenarnya kita semua meiliki kecerdasan inisiatif hanya saja krn takut akan kesalahan dan kurang percaya diri maka sifat inisiatifnya tenggelam. hal yg perlu untk membangun iniisiatif adalah.

1. tanamkan keyakinan kita bhw apa yg kita perbuat sungguh luar biasa.

2. lihat sisi manfaat dari apa yg kita kerjakan.

4. Abaikan cemoohan yang lainnya.

5. Terus gunakan kecerdasan kreatifitas kita secara istiqomah Inisiatif bukan hanya didapat dari para atasan kita atau orang lain, karena dengan berinisiatif kita akan mengalami beberapa hal diantaranya :

• Hasil kerja maksimal.

• Mengalami kemajuan / inovasi.

• Tidak mengalami stagnasi.

• Tidak kalah dalam persaingan.

• Ada pemecahan dalam setiap masalah.

• Berhasil dalam mengolah apapun yg saat ini kita geluti

• Tidak bergantung pada kemampuan orang lain.

Sahabat, kabar buruknya, bahwa menurut survey 80% orang sekitar kita kurang berinisiatif atau pasif, sisanya 20% adalah orang-orang yang berinisiatif. Semoga termasuk sahabat Dahsyat termasuk yg 20%.

adakalanya Pemimpin yang berinisiatif dinilai terlalu mengatur, sedangkan bawahan yang penuh inisiatif sering dianggap cenderung memberontak.Padahal inisiatif merupakan salah satu Karakter dasar yang perlu dikembangkan.

Ayo, sahabtku bangun terus inisiatif kita. Langkah awal tuliskan kata * Aku orang yang paling berinisiatif dalam segala hal* tempelkan pada tempat yang mudah dilihat. Gunakan repitisi utk pengingat agar bawah sadar mampu meresponnya.

Sahabat, sikap pasif, takut dan menunda merupakan musuh besar dari karakter inisiatif. Maka perangilah hal tersebut.

Sahabat, Inisiatif tidak ada hubungannya dengan temperamen. Karena setiap orang, baik besar kecil, tua muda harus berinisiatif.

Temperamen adl temper tentrem, mudah tersinggung, mudah marah dan mudah down pula.

Sahabat, sebagai kesimpulan dari diskusi kita, kita perjelas kembali tentang inisiatif . Inisiatif adl kemampuan untuk mengajukan gagasan untuk mendapatkan solusi, bukan sekadar proses tapi juga solusi.Memiliki ide-ide yang baru untuk dikemukakan untuk mengatasi tekanan dan keruwetan . Berinisiatif tidak harus menunggu sampai masalah selesai, tetapi akan coba melakukan ide-ide sendiri tanpa harus keluar dari koridor yang ada.

Sumber:
Diklat Online Grup Guru Dahsyat Nusantara Angkatan 17
Sabtu , 29 Juli 2017

Narasumber : Bapak Sambadar, cht, S. Pd

Facebook Comments

tags: ,

Related For Teacher Trainer oleh Bapak Sambadar, cht, S. Pd