Tinta Emas oleh Riswanto (jurus 3)

Selasa, Agustus 14th 2018. | Artikel

Bahasan yang satu ini bisa dibilang susah susah gampang, mengapa saya katakan demikian ?
Tinta emas yang saya maksudkan adalah seorang guru bisa membuat karya berupa tulisan yang tentunya dengan tulisan itu bisa menambah penghasilannya.
Sebagaimana kita sama-sama pahami keseharian guru sudah tentu tak lepas dari yang namanya kegiatan menulis, entah itu menulis di white board, laptop, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, program semester dll.
Menuis bagi seorang guru bukanlah hal yang asing, namun sayangnya tulisannya itu tak dibuat menjadi karya yang fenomenal seperti buku, artikel dll.
Padahal kalau kita pikir kalau seorang guru mau menyempatkan pengalaman mengajarnya untuk dituliskan dalam satu halaman saja dalam sehari, dan dapat Anda bayangkan berapa banyak tulisan ataupun buku yang dapat ia buat.
Langkah mudahnya awali tulisan Anda dari pengalaman mengajar atau pengalaman hidup lalu tulislah dalam blog pribadi Anda setelah itu kumpulkanlah tulisan-tulisan itu tersebut untuk selanjutnya dijadikan sebuah buku, simpe bukan ?
Dan tentu saja kalau setiap guru membuat 1 buku saja wah sudah tak kebayang berapa banyak buku-buku pendidikan yang akan beredar dipasaran, dan pastinya ini akan mewarnai dunia pendidikan.
Hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah menuliskan pengalaman pribadi, apakah itu berasal dari pengalam mengajar dan lain sebagianya.
Selain mengasah kemampuan berpikir, membuat karya berupa tulisan akan menjadi pahala kebaikan selama isinya penuh manfaat.

Jika membuat sebuah buku terlalu membutuhkan banyak waktu dan biaya kita bisa membuatnya dalam bentuk sebuah ebook, meskipun bentuknya saja yang berbeda namun memiliki isi dan manfaat yang sama.
Insya Allah buku atapun ebook yang kita buat bisa menjadi passive pahala juga passive income tentunya..hehehe
Tentunya akan banyak hal yang kita peroleh dari menulis buku selain ilmu kita yang terus bermanfaat juga menambah prestise kita sebagai seorang pendidik yang penuh karya dan inovasi.
Tips dari saya buatlah catatan harian mengajar Anda lalu kumpulkan dalam satu folder yang kemudian tulisan-tulisan itulah yang akan Anda jadikan sebuah buku ataupun ebook

TULISLAH APA YANG ANDA KERJAKAN, DAN KERJAKAN APA YANG ANDA TULIS

Teori tak akan bernilai apa-apa tanpa praktek !
Silahkan Anda tuliskan 5 Judul buku atau ebook yang mau Anda buat
1 …………………………………………………………………………………………………………..
2 …………………………………………………………………………………………………………..
3 …………………………………………………………………………………………………………..
4 …………………………………………………………………………………………………………..
5 …………………………………………………………………………………………………………..

 

Sumber:
Jurus Guru Bebas Finansial oleh Riswanto

 

Facebook Comments

tags: , , , , ,

Related For Tinta Emas oleh Riswanto (jurus 3)