IGI & Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan sukses menyelenggarakan Workshop Google Apps for Education (GAfE)

Minggu, April 28th 2019. | Berita, Ikatan Guru Indonesia


Tangerang Selatan, 28 April 2019
Ikatan Guru Indonesia (IGI) & Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan sukses menyelenggarakan Workshop Google Apps for Education (GAfE) mulai dari 27-30 April 2019.  Dimana tanggal 27-28 April 2019 dilakukan secara offline, sedangkan tanggal 29-30 April 2019 dilakukan dengan jaringan secara online. Bertempat di Ehipassiko School BSD Kota Tangerang ini, pelaksanaan workshop dihadiri oleh berbagai kalangan, seperti guru, pemerhati pendidikan, dosen, dll

Roch Aksiadi, S.Ag., ST., MM selaku Ketua Pelaksana dalam laporan kegiatan  menyampikan tujuan diadakannya workshop GAfE ini diantaranya adalah:

  1. Memperkenalkan teknologi Google dalam dunia pendidikan, teknologi yang dapat diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar disekolah/kampus dan mempermudah pekerjaan guru/pegawai dilingkungan sekolah/kampus, seperti dalam pembagian file, pembuatan form online, pengelolaan email, pengelolaan kelas, pengumpulan tugas Siswa, kolaborasi dalam menyusun presentasi secara online, dan meminimalkan penggunaan kertas.
  2. Menjaring informasi dan pengetahuan dari para narasumber mengenai pemanfaatan Aplikasi Google untuk diterapkan dalam dunia Pendidikan.
  3. Memfasilitasi untuk terselenggaranya suatu forum pertukaran informasi dan pengetahuan tentang Pemanfaatan Aplikasi Google untuk Pendidikan dan pemberdayaan para Guru dalam rangka pencapaian kemandirian dan kreatifitas di Era Industri 4.0 untuk memberikan inovasi pembelajaran yang terbaik di sekolah.

 



Selanjutnya Ibu Vira Wijaya, Dip.Tesol, mewakili Yayasan  Pancaran Dharma Ratana (yayasan yang menaungi Ehipassiko School BSD) mengucapkan selamat dan sukses untuk acara yang sangat bagus dan pastinya bermanfaat untuk semua sekolah. Setelah itu Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan yang diwakili oleh Kabid PTK bapak PANYANG, beliau menyampikan Apresiasi yang luar biasa kepada IGI Kota Tangerang Selatan yang diketuai oleh Drs. Fikron Al Choir, M.Pd., MM. , karena telah  sukses mengadakan terobosan baru dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan teknologi dai Google. Setelah sambutan, beliau membuka workshop ini secara resmi.

Secara lebih detail, workshop ini dibagi atas 6 materi sebagai berikut:
1. Google Drive, untuk Manajemen File secara Online
2. Google Form, untuk Pengumpulan Data Induk Siswa, Media Ulangan Online, Media Survey dan Penelitian.
3. Google Sheet, untuk membuat Formulasi dan Pembuatan Tabel Online, dan Buku Daftar Nilai Online.
4. Google Docs, untuk membuat pekerjaan secara kolaboratif , dan membuat Notulen Rapat Online
5. Google Slide, untuk Solusi Kerja Kelompok Siswa Jarak Jauh, dan membuat presentasi Online
6. Google Classroom, untuk membuat Kelas Online, memberikan Tugas, Kuis, Ulangan, Pengumuman secara Online, Mengoreksi dan memberikan Nilai secara Online.

Materi workshop disampaikan oleh 4 Narasumber , yang diundang secara khusus dan merupakan pakar dibidangnya. Nara sumber tersebut adalah :
1. TB. Saiful Bahri, M.Pd. – Ketua Wilayah IGI Provinsi Banten
2. Veranika, M.Pd – Ketua IGI DKI Jakarta Barat
3. Arrizal Muhaemin Yunus, M.Pd.Gr. –  Pelatih Nasional
4. Roch Aksiadi,S.Ag., ST., MM. – Pelatih Nasional

Workshop ini menggunakan sistem IN ON IN, jadi setelah selesai 2 hari di Ehipassiko School BSD Kota Tangerang Selatan ini, akan dilanjutkan di workshop secara online baik menggunakan Teleconference WEBEX Cisco, ataupun media lainnya serta Penugasan secara online terpadu oleh Narasumber.
Peserta yang hadir pada seminar ini sekitar 40 orang guru dan dosen yang berasal dari berbagai daerah seperti JABODETABEK  dan beberapa dari kota Yogyakarta.
Proses  workshop berjalan sangat baik dan penuh makna, dimana guru dengan asyiknya menerima pemaparan dari narasumber yang langsung dibarengi dengan praktek menggunkan laptop masing-masing. Setahap demi setahap perjuangan dari narasumber akhirnya membuahkan hasil, karena  semua peserta dengan sukses mengikuti arahan dalam mengerjakan tugas-tugas yang harus dipecahkan dengan penuh semangat dan senang hati.

Semoga pelatihan ini membawa pengaruh positif di lingkungan sekolah nantinya, untuk menerapkan GAfE dengan penuh kesabaran dan ketelitian sehingga dapat  memberikan nilai positif untuk guru, siswa, orangtua murid, komite sekolah, dan sekolah pada umumnya.

Salam Sukses Selalu

Kontributor : Panitia Workshop Google Apps for Education Ikatan Guru Indonesia Kota Tangerang Selatan Banten

Berikut dokumentasi lainnya:

 

Berikut adalah salah satu materi dengan judul “Penggunaan Google Classroom untuk Guru dan Siswa”
yang disampaikan oleh Bapak Roch Aksiadi, S.Ag., ST., MM.

 


 

Facebook Comments


tags: , , , , ,

Related For IGI & Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan sukses menyelenggarakan Workshop Google Apps for Education (GAfE)